Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Kawah Kamojang

Wisata Garut yang menyimpan berjuta keindahan dengan latar belakang alam pegunungan yang berhawa sejuk. Petualangan wisata ke kawasan pegunungan cukup memacu adrenalin. Kami lanjutkan perjalanan wisata ke Kawah Kamojang yang terletak di Kecamatan Samarang kabupaten Garut Jawa Barat merupakan salah satu objek wisata favorit para wisatawan. Di lokasi ini juga dikenal sebagai sumber panas bumi di Jawa Barat dan dijadikan PLTU Kamojang, Pertamina, dan Indonesia Power.

Kawah Kamojang berada di sebelah timur-kidul Kota Bandung. Jaraknya dari Pusat Kota Garut lumayan jauh dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Kawah Kamojang dengan cuaca cukup ekstrim sehingga tampak berkabut. Sebelumnya Kami sudah diberi tahu supaya jangan terlalu bersemangat untuk melihat kawah dari dekat karena semburan uap udari beberapa titik harus dihindari karena sangat berbahaya. Matahari memancar cukup menyilaukan, sehingga pemandu lokal pun menggunakan kacamata hitam. Ternyata jarak antara Kota garut dengan Kawah Kamojang sekitar 25 km. Sepanjang perjalanan tampak kebun, pesawahan dengan gunung-gunung yang menjulang menampakkan kegagahannya.

Kawah Kamojang dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang menjadi energi panas bumi yang sudah dimuali untuk pertama kalinya pada masa kolonial Belanda. Fumarol, kawah lumpur, danau panas, serta asap yang berada dalam beberapa titik di bawah tanah dan muncul dari rekahan tanah. Keunikan Kawah Kamojang dengan banyak kawah yang masih aktip mengeluarkan panas bumi sangat menarik perhatian wisatawan. Para wisatawan pengunjung Kawah Kamojang menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan serta menikmati mandi sauna yang dipancarkan dari alam sebagai bukti kekuasaan Sang Pencipta. Namun, harus tetap waspada terhadap semburan uap panas bumi yang muncul ke permukaan. Di kawasan ini juga terdapat Taman Wisata Cagar Alam Kamojang dengan luas sekitar 10 hektar. 23 kawah dengan dua di antaranya berbentuk danau yang asapnya mengepul dke permukaan dan setiap kawah memiliki nama-nama sesuai dengan sifatnya. Wisata alam ke Kawasan Kamojang dengan panorama alam pegunungan yang indah, sangat unik dan mengagumkan, terkadang juga banyak satwa langka yang bisa Anda jumpai.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kawah Kamojang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.