Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Gunung Haruman

Hotel Wisata. Hotels Wisata Garut Jawa Barat dengan beraneka ragam objek wisata, berbagai jenis kesenian daerah, upacara tradisi, cenderamata, makanan khas, serta berbagai hal unik dan menarik lengkap dengan penginapan, vila, hotel dengan suasana alam pedesaan yang hanya bisa ditemukan di Kota Garut.

Gunung Haruman merupakan salah satu tempat yang menarik perhatian para wisatawan dan termasuk ramai pengunjung. Gunung Haruman terletak di Desa Harumansari Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Selain menikmati panorama alam pegunungan dan sejuknya udara pedesaan, di tempat ini terdapat bukti sejarah sebuah peradaban. Gunung ini diyakini sebagai tempat ditemukannya benda bersejarah. Di tempat ini terdapat benda peninggalan sejarah berupa batu berbentuk kepala kuda dan sebuah makam yang diyakini sebagai Makam Syekh Jafar Sidik, seorang tokoh penyebar Agama Islam di daerah ini. Sedangkan, batu berkepala kuda oleh penduduk sekitar diyakini sebagai bukti peninggalan Prabu Kiansantang.

Berdasarkan penelitian, dilihat dari strukturnya yang masih kasar, batu berbentuk kepala kuda tersebut merupakan batu megalitik peninggalan jaman prasejarah. Keberadaan benda-benda peninggalan bersejarah di daerah ini menunjukkan adanya kepercayaan masyarakat sekitar terhadap hal-hal yang bersifat gaib. Kedua benda bersejarah tersebut masih terpelihara dengan baik hingga kini dan masih dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat yang dikeramatkan.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Gunung Haruman"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.