Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Kawah Darajat

Uap panas yang mengepul keluar dari Kawah Darajat bagaikan kumpulan asap yang menari-nari di atas permukaan tanah seolah menyambut kedatangan para pengunjung. Kawah Darajat di kaki Pengunungan Papandayan menebar pesonanya kepada para wisatawan yang ingin memandang dan menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan dan mengundang decak kagum. Kawasan wisata alam yang membentang luas pada ketinggian rata-rata kawah 1920 meter di atas permukaan laut ini dipagari bukit-bukit berlembah dan kebun-kebun yang mengelilingi menambah keindahan pesona alam pegunungan.

Kawah Darajat yang terletak di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut merupakan bagian dari gugusan Gunung Papandayan yang digandrungi para pendaki yang singgah di Kota Garut. Sumber panas bumi yang terdapat di kawasan ini kemudian dimanfaatkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Darajat. Selain untuk PLTP, di kawasan ini dijadikan objek wisata yang menawarkan suasana alam pegunungan dan perkebunan dengan udara sejuk segar yang menjadi buruan para wisatawan yang ingin memulihkan kesegaran badan dan pikiran setelah lelah menjalani aktivitas sehari-hari.

Objek wisata Kabupaten Garut telah banyak menyedot perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara, salah satunya Kawah Darajat dengan konfigurasi umum lahan yang berbukit-bukit dan berlembah. Wahana yang bisa Anda nikmati di kawasan ini diantaranya tracking, out bond, arena bermain dan ATV. Jika ingin berkeliling perkebunan dengan berkuda, di tempat ini tersedia kuda tunggangan yang akan mengantar Anda berkeliling menikmati keindahan pemandangan alam dan sejuknya udara pegunungan. Jika berminat, Anda pun dapat melakukan observasi dan penelitian fenomena alam di tempat ini. Tempat wisata Kawah Darajat terbentuk alamiah sebagai proses vulkanisma yang berlangsung pada masa lalu selama ratusan tahun sehingga kemudian menghasilkan dan meninggalkan bentuk-bentuk alam yang khas yang kita kenal sebagai kawah, mata air panas, dan lubang semburan uap panas.

Kawah Darajat berhasil mempesona dan menarik perhatian para wisatawan dalam dan luar negeri. Letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Garut, membuat objek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan. Di lokasi ini terdapat geotermal sehingga merupakan wisata ilmiah yang dapat menambah wawasan keilmuan Anda. Jarak dari pusat Kota Garut sekitar 17 km dan bisa ditempuh mengunakan semua jenis kendaraan. Lubang kawah aktif dan sumber air panas yang kemudian dijadikan tempat wisata air panas mampu menyedot perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Kota Garut.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kawah Darajat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.