Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Kampung Pulo Garut Jawa Barat

Perjalanan wisata ke Kota Garut Jawa Barat sangat menyenangkan, sepanjang jalan tampak pepohonan yang rindang, pesawahan, kolam ikan, pegunungan yang berbaris menjulang seolah menggapai langit. Salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri, yakni Kampung Pulo. Kampung Pulo merupakan kampung yang dihuni oleh keturunan Arief Muhammad. Arief Muhammad bersasal dari Kerajaan Mataram. Beliau bersama pasukannya bermaksud menyerang Belanda di Batavia dan singgah di Desa Leles Cangkuang Garut dan menyebarkan Agama Islam. Pada waktu itu, sebagian besar masyarakat Desa Cangkuan beragama Hindu sehingga dalam penyebaran Agama Islam dilakukan Arief Muhammad melalui metode dakwah seperti yang dilakukan oleh Wali Songo.

Bukti masuknya pengaruh Islam di Desa Cangkuang, yakni dengan adanya peninggalan berupa makam Arief Muhammad di desa tersebut. yang letaknya tidak jauh dari kampung adat yang dinamakan Kampung Pulo Pemukiman adat Kampong Pulo, dimungkin karena tempatnya di tengah danau (Situ Cangkuang) yang mirip dengan sebuah pulau. Paket Wisata Hotels Kampung pulau yang terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles Kabupaten Garut merupakan sebuah kampung kecil yang terdiri dari enam buah buah rumah dan enam kepala keluarga. Jumlah anggota keluarga di kampung tersebut tidak boleh lebih atau kurang dari 6 orang.Rumah adat sederhana berbentuk panggung yang pada setiap tiangnya beralaskan tatapakkan.

Sudah menjadi ketentuan adat di daerah tersebut bahwa jumlah rumah dan kepala keluarga itu harus enam dengan susunan tiga rumah di sebelah kiri dan tiga rumah di sebelah kanan yang saling berhadapan, ditambah dengan sebuah bangunan masjid sebagai tempat beribadah.Penduduk Kampung Pulo sangat memegang teguh adat, termasuk adanya laranag memlihara hewan yang berkaki empat. Hingga kini, Kampung Pulo yang asri, tenang dan nyaman menyimpan sejarah perlanan hidup manusia yang memegang kuat tradisi leluhurnya.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kampung Pulo Garut Jawa Barat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.